5 Framework PHP Terbaik 2017


5 Framework PHP Terbaik 2017
PHP merupakan bahasa yang paling popular diantara server slide Scripting lainnya , penggunaannya yang mudah dan banyaknya komunitas menjadi alasan para pengembangan Website untuk menggunakan PHP , perkembangan teknologi yang menyebabkan semakin banyaknya kebutuhan akan website sehingga menuntut para Developer untuk mengerjakan suatu project dengan cepat dan memiliki performa tinggi. Oleh karenanya di buntuhkan framework PHP yang memudahkan developer untuk mengembangkan aplikasi dan website dengan mengurangi waktu pembuatan .

Kenapa memilih Framework PHP ?
Framework menawarkan beberapa kelebihan yang dapat membantu kinerja developer untuk mengerjakan website , serta framework sendiri telah di sediakan beberapa fitur seperti widget dan plugin bawaan suatu framework.
Beberapa kelebihan Framework PHP :
·         Mempercepat pengerjaan suatu website
·         Terhindar dari masalah kemaan sepele
·         Mempromosikan website modern serta tool pemrograman berbasis Object

1.    Laravel 5


Adalah Framework  Yang pertama kali rilis pada tahun 2011 ,  yang berada di bawah  MIT Lisensi . Bagi para developers WEB pastinya akrab dengan framework yang satu ini ,penggunaanya yang mudah menggunakan konsep MVC (Model View Control ) membuatnya menjadi Framework PHP Terbaik dan terpopuler dari tahun ke tahun. Laravel sudah di bundle bersama dengan Bootstrap sehingga memudahkan untuk mendesain Website menjadi lebih menarik.
Support yang baik dari pengembang framework dan banyaknya komunitas menjadi alasan bagi para develepers memilih laravel
Versi terbaru dari Framework PHP ini yaitu Laravel 5 , merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yaitu Laravel 4.2 .
            Untuk Cara Instalasi Laravel 5 bisa dilihat di sini ( versi Indonesia )
2.    Yii 2


Yii 2 Adalah Framework PHP yang berperforma tinggi , pertama kali rilis pada 3 Desember 2008 dan versi  terbaru pada 1 Maret 2015 . Yii berada di bawah New BSD Lisensi , yang di kembangankan oleh programmer Qiang Sue . Konsep yang di tawarkan pada Framework Yii 2 terbilang cukup banyak seperti Model,View,Controll (MVC) , Object Reational Mapping (ORM) , serta Data Access Object (DAO) , serta dukungan library yang memudahkan untuk mendesign Website . Versi Php yang di perlukan yaitu PHP 5.4 ke atas .

Versi Terbaru dari Yii Framework dapat di download di sini pada situs resmi yiiframework.com
3.    CodeIgniter 3

Framework PHP yang di kembangan oleh British Coloumbia namun sekarang sudah di akuisi oleh Elis Lab . CodeIgniter rilis pertama pada tahun 2006 , merupakan framework php legendaris . Mudah di gunakan , performa cepat , serta dokumentasi yang cepat . karena itulah Codeigniter merupakan framework Php yang cocok bagi pemula. Banyak Website yang dibuat dengan Codeigniter karena mudah penggunaanya , Cirikhas dari Codeigniter yaitu adanya index.php pada url website .

Versi terbaru dari Framework Codeigniter yaitu versi Codeigniter 3 , dapat di download disini .

Dokumentasi lengkap codeigniter dapat di baca pada situs remsi nya https://www.codeigniter.com/user_guide/
4.    Cake PHP

Framework PHP yang di kembangan oleh Cake Software Foundation , Salah satu Framework PHP yang memanjakan para developers dengan berbagai fitur-fitur menarik yang ada. Dengan tujuan untuk mengurangi waktu membuat fitur dasar. Hal ini menarik bagi para Developers untuk mengerjakan project ketika deadline waktu yang mepet
Fitur fitur yang di sediakan oleh Cake php antara lain :
·         Otomatisasi pembuatan code (code generation).
·         Arsitektur MVC.
·         Request dispatcher dengan URL yang kustom, rapih dan adanya rute.
·         Validasi data yang terintegrasi.

Cake PHP kompatibel dengan versi PHP 4 ke atas, untuk versi terbaru dari Cake PHP dapat di download di sini atau pada website resminya di www.cakephp.org

5.    Phalcon

Framework yang terbilang baru ,karena baru meraih stable pada 6 juni 2014 . Di banding Framework lainnya memang cukup muda , namun soal performa Phalcon sangat memuaskan. Berdasarkan survei yang pernah di lakukan Phalcon menempati urutan pertama Framework tercepat mengalahkan para pendahulunya seperti Codeigniter 3 dan Laravel  5. Sehingga di juluki The Fastest PHP Framework . Perlu di ketahui phalcon sendiri di buat dalam Bahasa C, C++  dan PHP , atau bisa di bilang PHP C extension . Sama seperti Framework PHP lainnya Phalcon menawarkan fitur MVC ( model , View , Control ) yang mengurangi penggunaan data sehingga lebih maksimal , serta beberapa fitur lainya seperti :
·         Universal auto loader
·         Manajemen asset
·         Keamaan
·         Translate
·         Caching
Situs resmi dari Phalcon www.phalconphp.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »